Saturday, March 18, 2017

Pekerjaan Gypsum Harus Baik Jika Tidak Mau Kecewa Setelah Difinish

Pekerjaan gypsum memiiliki peluang untuk mencapai bentuk-bentuk ideal yang diinginkan para designer interior, sehingga imaginasi seorang designer dan pemilik bangunan atau owner bisa terpuaskan melalui gypsum.

Gypsum bisa difinish dengan berbagai teknik finishing


Dari pengamatan TukangGypsum-id, gypsum juga memiliki kelebihan karena bisa difinish dengan berbagai teknik finishing seperti cat yang beraneka ragam baik solven atau water base. Bahkan bisa dilakukan finishing dengan spesial finishing sehingga hasil akhir kelihatan seperti marmer, bahkan seperti besi baja, seperti kuningan atau tampak seperti perunggu.

gypsum sedang di finish pic by tukang gypsum id
Plafon Gypsum sedang difinish
Cara finishing lain juga bisa dengan lukisan sehingga misalnya di aplikasikan pada doom yang berukuran besar di ruang utama bisa difinish dengan pemandangan langit dengan warna biru cerah atau bahkan langit malam yang dipenuhi bintang-bintang dengan sinar bulan nan redup.

contoh cacat sambungan foto by TukangGypsum-id
Cacat pada garis sambungan, kelihatan walaupun difinish


Kalau berbicara finishing di atas nampak bahwa tenkik finishing yang dihasilkan bisa sangat bagus, lalu yang harus dipikirkan adalah bahwa gypsum yang dibuat juga harus cukup bagus untuk menjamin hasil finishing tidak sia-sia karena media gypsum sebagai media dasar ternyata cacat.

Beberapa hal yang perlu dihindari terjadi pada gypsum sebagai media dasar


Kami dari TukangGypsum-id yang juga mendalami finishing serta memiliki pengalaman cukup lama dalam bidang finishing dalam pebgamatan kami media dasar finishing tidak boleh:

  1. Terjadi keretakan pada sambungan panel, pada pekerjaan gypsum yang tidak mendapat perhatian dengan baik hal ini sering terjadi. Sehingga setelah pekerjaan difinish dengan baik bahkan tampilan sudah seperti marmer (sesuai jenis finishingnya) mendadak muncul retakan pada pertemuan panel. Memang perbaikan pada dasar gypsum bisa dilakukan, akan tetapi jika terjadi setelah difinish masalahnya menjadi lain karena finishing itu sendiri bisa jadi lebih mahal dari gypsumnya.
  2. Plafond bergelombang. Pekerjaan dengan cacat seperti ini bisa jadi karena ketebalan panel gypsum yang digunakan tidak sesuai atau karena pelaksanaan yabg kurang hati-hati hingga ada tekanan pada panel.
  3. Media gypsum setelah difinish dengan teknik finishing tertentu hasilnya belang meskipun sudah diulang berkali-kali, hal ini bisa terjadi karena bahan gypsum menggunakan bahan yang tidak homogen. Hal ini bisa terjadi pada sambungan atau pada daerah tambalan lubang.
Untuk menghindari hal tersebut TukangGypsum-id menyarankan sebaiknya menggunakan tukang gypsum yang mengerti dengan baik mengenai gypsum dan cara aplikasinya di lapangan.



No comments:

Pertemuan Antar Lembaran Gupsum (nat) Rawan Retak

Untuk pekerjaan drywall dan juga pekerjaan gypsum pertemuan antar lembaran atau sheet gypsum merupakan bagian penting untuk  diperhatikan ka...