Sunday, March 19, 2017

Kapan Waktu yang Tepat Memasang Plafon Gypsum

Pemasangan bagian-bagian dari rumah untuk pembangunan rumah baru biasanya telah memiliki schedule yang disusun dalam suatu rencana kerja. Tidak terkecuali perencanaan pemasangan plafon gypsum.

Namun bagaimana sebenarnya urutan-urutan tersebut dibuat, disini TukangGypsum-id mencoba memberikan ilustrasi supaya pemasangan pekerjaan gypsum berjalan dengan baik.

contoh schedule pasang gypsym by tukan gypsum id
Contoh Schedule Pasang Gypsum by TukangGypsum-ID

Beberapa dasar pertimbangan waktu pemasangan gypsum:

  1. Ketersediaan pekerjaan dilapangan, dimana apabila pekerjaan pendahuluan belum selesai maka pekerjaan plafon gypsum belum bisa dilaksanakan. Tukang gypsum baru bisa melaksanakan pekerjaan gypsum setelah lapangan siap.
  2. Pekerjaan-pekerjaan lain yang akan terganggu apabila pekerjaan plafon gypsum dilaksanakan. Pekerjaan yang akan terganggu harus diselesaikan terlebih dahulu, misalnya pekerjaan instalasi listrik dan instalasi AC yang ada di langit-langit perlu di pasang dahulu sebelum pekerjaan penutupan plafon dengan gypsum dilakukan karena apabila ini dilakukan maka pekerjaan tersebut tertutup area kerjanya.
  3. Pekerjaan pemasangan gypsum dan mungkin juga finishingnya akan mengotori lantai dan dinding. Dengan demikian sebaiknya tukang gypsum melakukan pemasangan sebelum dinding di finish. Apabila lantai akan dipasang marmer sebaiknya lekerjaan gypsum pada plafon diselesaikan terlebih dahulu dan apabila mungkin difinish terlebih dahulu sebelum finishing dinding rumah.
  4. Urutan seperti no 3 dan 4 untuk bangunan sederhana atau bangunan yang tanpa dinding dan tanpa instalasi di dalam plafon tidak berlaku sehingga pemasangan gypsum bisa segera dilakukan setelah lapangan tersedia.
Demikian hal-hal yang mempengaruhi waktu dimulainya pemasangan gypsum. Selain kapan waktunya tukang gypsum bekerja juga ada hal yang perlu dipertimbangkan berapa lama tukang gypsum bekerja dalam pemasangan.

Hal-hal yang mempengaruhi berapa lama tukang gypsum bekerja menyelesaikan pekerjaannya antara lain dipengaruhi oleh:

  1. Kecepatan pengeringan dari pasta yang digunakan pada sambungan antar panel gypsum.
  2. Tukang gypsum juga dipengaruhi oleh ketersediaan lapangan kerja, apabila lapangan kerja tersedia maka tukang gypsum bisa langsung mulai mencicil pelaksanaan pemasangan akan tetapi apabila tidak ada area yang bisa dimulai maka penyelesaian secara keseluruhan akan terganggu.
  3. Belum diputuskannya design pekerjaan gypsum yang akan digunakan. Apabila design gypsum yang akan digunakan belum diputuskan maka dengan sendirinya tukang gypsum belum bisa bekerja melaksanakan pekerjaan dan akan membuat pekerjaan semakin lama selesainya.
  4. Perubahan perencanaan pada saat pekerjaan sudah mulai dilaksanakan. Apabila pekerjaan sudah mulai dilaksanakan dan tiba-tiba dirubah maka tentunya akan memperlambat pelaksanaan baik perubahan itu pada pekerjaan gypsumnya maupun pada pekerjaan lain yang berhubungan dengan pekerjaan gypsum. Sebagai contoh apabila setelah tukang gypsum bekerja 50% mendadak ada perubahan pada instalasi AC yang mengharuskan plafon gypsum dibongkar sebagian atau seluruhnya, maka hal demikian akan memperlambat pekerjaan gypsum keseluruhan.
  5. Ada tidaknya ketersediaan gypsum yang siap pasang di pasaran. Apabila gybsum yang dipilih banyak tersedia di pasaran maka tukang gypsum bisa langsung memasang dengan membeli gypsum siap pasang akan tetapi apabila design yang ada tidak tersedia di pasaran, maka tukang gypsum perlu membuat cetakan khusus yang mungkin saja memakan waktu lebih lama tergantung tingkat kesulitan dan disetujuinya sample yang dibuat oleh tukang gypsum.
  6. Tingkat kesulitan pencetakan apabila tukang gypsum perlu mencetak gypsum karena tidak tersedia yang siap pasang.
  7. Ketersediaan gudang di area proyek. Tukang gypsum biasanya memerlukan ruangan untuk menaruh gypsum cetakan yang siap pasang. Apabila tersedia gudang maka tukang gypsum bisa menyetok sementara bahan-bahan yang akan segera di pasang. Dengan demikian ketersediaan gudang akan mempengaruhi kecepatan kerja tukang gypsum. Baca juga perlunya gudang stok gypsum di proyek.
Demikian antara lain hal-hal yang mempengaruhi lama waktu pekerjaan yang dilakukan tukang gypsum.

No comments:

Pertemuan Antar Lembaran Gupsum (nat) Rawan Retak

Untuk pekerjaan drywall dan juga pekerjaan gypsum pertemuan antar lembaran atau sheet gypsum merupakan bagian penting untuk  diperhatikan ka...